PROFIL
MTs
TI BATANG KABUNG
A. PROFIL
SEKOLAH
1.
Profil Madrasah
Nama :
MTs TI Batang Kabung
NSS :
212137111012
NPSN :
10311367
Propinsi : Sumatera Barat
Otonomi Daerah : Kota Padang
Kecamatan : Koto Tangah
Kelurahan : Batang Kabung
Ganting
Jalan : Tarbiyah
Telepon : (0751) 4855331
Surat Keputusan/SK : 359/KPTS/BAP-SM/MN/X/2010
TGL. 28 OKT 2010
Penerbit SK
:
Drs. H. Batius
Tahun Bardiri : 1966
Kegiatan belajar : Pagi dan Sore
Bangunan sekolah :
Milik Sendiri
Status
: Terakreditasi C, Tanggal 28 Oktober 2010
Data Siswa :
NO
|
Kelas I
|
Kelas II
|
Kelas III
|
|||
LK
|
Pr
|
Lk
|
Pr
|
Lk
|
Pr
|
|
100
|
70
|
52
|
88
|
80
|
95
|
|
Jumlah
|
170
|
140
|
175
|
Padang,
15 April 2013
Kepala
Madrasah
Jamaris
Amir
2. GEOGRAFIS SEKOLAH
a.
Sejarah
Ringkas
Pendirian MTI berasal dari ketidakadaan
guru mengaji di surau gadang Batang Kabung, maka sepakatlah Imam Maulana( Abdul
Manaf Khatib Imam Maulana) mencari seorang guru ke kota Pariaman, dan
didapatilah seorang guru yang bernama H. Shalif Tk Sutan. Berdasarkan
kesepakatan H. Abdul Manaf Khatib Imam
Maulana dengan H. Shalif Tk Sutan, maka didirikanlah MTI Batang Kabung pada
tanggal 13 Januari 1955 M/ 1 Zulhijjah 1374 H.
Semenjak berdiri MTI Batang Kabung
terciptalah beberapa sistem pendidikan di antaranya :
1)
Pada tahun 1955
– 1966 hanya pendidikan Sistem ‘Alaqah (duduk bersila dan berlingkar)
mempelajari kitab – kitab gundul saja, tidak ada pendidikan umum.
2)
Pada awal tahun
1966 M sistem pendidikan berubah menjadi ‘Alaqah menjadi Klasikal (belajar di
kelas/ local) dengan memakai bangku/ kursi. Ini berawal didapatnya izin operasional
tanggal 1 Agustus 1966 dari DEPAG Padang Pariaman, waktu itu Batang Kabung Koto
Tangah daerah Kabupaten Padang Pariaman. Ini berlangsung dari tahun 1966 –
1977. Pendidikan Umum dipelajari seperti Bahasa Indonesia, Tata Negara dan
Matematika.
3)
Dari tahun 1978
– 1984 mulailah MTI mengikuti ujian Negeri MTs yang bergabung dengan MTs Koto
Tangah sedangkan Tingkat Aliyah masih ujian Pondok, dan kelas VII ujian sendiri
setara dengan D.I
4)
Dari tahun 1983
– 1985 melaksanakan 2 kurikulum yaitu kurikulum Umum dan Pondok, PAI masih
berbanding 35 % Umum dan 65 % Pondok.
5)
Pada tahun 1994
– sekarang, maka Pendidikan yang ada di MTI terdiri dari :
a)
MTs TI
b)
MAS MTI
b. Jarak
Keadaan Dan Kondisi Sekolah
MTs TI Batang Kabung terletak
di kelurahan Batang Kabung Ganting berjarak ± 1 Km dari jalan raya dan Kampus
II yang sangat strategis dan kondusif untuk belajar karena jauh dari keramaian
dan masih alami dengan struktur sungai serta persawahan.
Kondisi sosial ekonomi
dan budaya masyarakat (orang tua siswa) sangat heterogen,
Masyarakat sekitar sekolah berbudaya minang kabau dan Beragama Islam.
c. Tenaga
Pendidik Dan Kependidikan
1.
Kepala dan Wakil
No
|
Jabatan
|
Nama
|
Kualifikasi
|
Umur
|
|||
<S1
|
S1
|
S2
|
<35 Th
|
36-50 Th
|
|||
1
|
Kepala Madrasah
|
Jamaris Amir
|
√
|
√
|
|||
2
|
Wakil Kurikulum
|
Syamgusti Elia, S.PdI
|
√
|
√
|
|||
3
|
Waka Humas
|
Zetmanita, S.PdI
|
√
|
√
|
|||
4
|
Waka Kesiswaan
|
Eltidayeni, S.Ag
|
√
|
√
|
|||
5
|
Waka Sarana Prasarana
|
Shelchy Nice Octavia,S.Pd
|
√
|
√
|
|||
Jumlah
|
5
|
1
|
4
|
2.
Kualifikasi Guru
No
|
Nama
|
Kualifikasi
|
Umur
|
||||
<S1
|
S1
|
S2
|
-35 Th
|
36-50 Th
|
51-60 Th
|
||
1
|
Ahmad Rusydi Amra
|
√
|
62
|
||||
2
|
Mulyadi, S.Ksb
|
√
|
37
|
||||
3
|
Irwanto Tk Sutan
|
√
|
33
|
||||
4
|
Mesra Afandi
|
√
|
27
|
||||
5
|
Feni Indra Nila
|
√
|
29
|
||||
6
|
Jumaidi
|
√
|
26
|
||||
7
|
Rahmana Putra Emda
|
√
|
23
|
||||
8
|
Mashendri
|
√
|
32
|
||||
9
|
Ramadani Hakim
|
√
|
28
|
||||
10
|
Taufik
Annur
|
√
|
26
|
||||
11
|
Ramli Tk MM
|
√
|
37
|
||||
12
|
Zulkifli
|
√
|
22
|
||||
13
|
Burin, S.PdI
|
√
|
40
|
||||
14
|
Ali
Umar
|
√
|
54
|
||||
15
|
Endra Muslim
|
√
|
25
|
||||
16
|
Dalmi
|
√
|
22
|
||||
17
|
Drs Ali
|
√
|
57
|
||||
18
|
Syarifah, S.PdI
|
√
|
32
|
||||
19
|
Resti Susanti, S.Pd
|
√
|
29
|
||||
20
|
Esimardiani, S.Pd
|
√
|
38
|
||||
21
|
Elfirawati, S.Pd
|
√
|
32
|
||||
22
|
Fitria Susanti, A.Md
|
√
|
31
|
||||
23
|
Zetmanita, S.PdI
|
√
|
47
|
||||
24
|
Vita Syafriati, S.Pt
|
√
|
42
|
||||
25
|
Ilham Deni,S.S
|
√
|
33
|
||||
26
|
Elfiani, S.Pd
|
√
|
42
|
||||
27
|
Desi Meladanita, S.HI
|
√
|
30
|
||||
28
|
Casmiwati,S.P
|
√
|
47
|
||||
29
|
Hilman, S.S
|
√
|
36
|
||||
30
|
Masridal, S.Pd
|
√
|
35
|
||||
31
|
Gusvaneli, S.Pd
|
√
|
√
|
26
|
|||
32
|
Zainatul Hayati, A.Md
|
√
|
27
|
||||
33
|
Shelchy Nice Octavia, S.Pd
|
√
|
26
|
||||
34
|
Syamgusti Elia,
|
√
|
40
|
||||
35
|
Yunibar, S.PdI
|
√
|
51
|
||||
36
|
Roslawati, S.Pd
|
√
|
40
|
||||
37
|
Aida Fatma,S.PdI
|
√
|
26
|
||||
38
|
Lidawati, S.SosI
|
√
|
30
|
||||
39
|
Afni Gustina, S.Pd
|
√
|
26
|
||||
40
|
Susi Annaria, S.Pd
|
√
|
25
|
||||
41
|
Nasyiatul Aisyah, S.Pd
|
√
|
25
|
||||
42
|
Yunailis, S.PdI
|
√
|
34
|
||||
43
|
Eltidayeni, S.Ag
|
√
|
42
|
||||
44
|
Harfand Mayland, S.Pd
|
√
|
22
|
||||
45
|
Dra. Arniyati
|
√
|
53
|
||||
46
|
Fitri Nengsih,S.PdI
|
√
|
29
|
||||
47
|
Euis Nurjanah,S.Pd
|
√
|
34
|
||||
48
|
Itin, S.Pd
|
√
|
32
|
||||
49
|
Harnewi. B, S.Pd
|
√
|
41
|
||||
Jumlah
|
17
|
32
|
33
|
11
|
5
|
3.
Kualifikasi
Karyawan
No
|
Nama
|
Jabatan
|
Kualifikasi
|
Umur
|
||||
<S1
|
S1
|
S2
|
-35 Th
|
51-60 Th
|
||||
1
|
Fitri Nengsih, S.PdI
|
Kaur
|
√
|
29
|
||||
2
|
Sri Wahyuni
|
TU
|
√
|
26
|
||||
3
|
Eva Yulita Sari, S.EI
|
TU
|
√
|
26
|
||||
4
|
Neli Yusni
|
TU
|
√
|
30
|
||||
5
|
Yunailis, S.PdI
|
Kepala Perpustakaan
|
√
|
34
|
||||
6
|
Yossy Fauziah
|
Peg. Pustaka
|
√
|
22
|
||||
7
|
Asmira
|
Bendahara
|
√
|
28
|
||||
8
|
Rifki Pratama
|
Penjaga Sekolah
|
√
|
24
|
||||
9
|
Peg. Kebersihan
|
√
|
||||||
JUMLAH
|
6
|
3
|
-
|
7
|
4.
Pengembangan
Profesionalisme/ Kopetensi Guru
No
|
Jenis
Pengembangan Kompetensi
|
Jumlah Guru
Yang Telah Mengikuti Kegiatan Pengembangan Kompetensi/ Profesional
|
||
Kab/ Kota
|
Propinsi
|
Nasional
|
||
1
|
Sosialisasi KTSP
|
1
|
||
2
|
P. Metode Pembelajaran
|
|||
3
|
Sosialisasi PTK
|
1
|
||
4
|
Sertifikasi Profesi
|
4
|
||
5
|
Penataran & Karya Ilmiah
|
d.
Data Ruang
1. Keadaan Ruang Belajar Kampus II
Kondisi
|
Jumlah &
Ukuran
|
Kerusakan
|
Jumlah ruang
lainnya yang digunakan untuk kelas
|
|||
Ukuran 7 x 9
|
Uk. <63
|
Uk. > 63
|
Jumlah
|
|||
Baik
|
3
|
2
|
-
|
5
|
-
|
-
|
Rusak Ringan
|
-
|
2
|
-
|
2
|
-
|
-
|
Rusak Sedang
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Rusak Berat
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Rusak Total
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
2. Data Ruang Kantor Kampus II
Jenis Ruang
|
Jumlah
|
Ukuran
|
Kondisi
|
Kepsek
|
1
|
3 x 10
|
Baik
|
Wakil
|
1
|
3 x 7
|
Baik
|
TU
|
1
|
4 x 3
|
Baik
|
Guru
|
1
|
9 x 10
|
Baik
|
Bendahara
|
-
|
-
|
-
|
3. Sarana Sekolah Kampus II
Jenis ruang
|
Jumlah
|
Ukuran
|
Kondisi
|
WC
Siswa
|
2
|
4 x 8
|
Baik
|
WC
Guru
|
1
|
2 x 6
|
Baik
|
UKS
|
1
|
4 x 7
|
Baik
|
OSIS
|
1
|
4 x 7
|
Baik
|
Kopsis
|
1
|
3 x 4
|
Baik
|
Labor
Komputer
|
1
|
5 x 6
|
Baik
|
Mushalla
|
1
|
7 x 9
|
baik
|
e. Data Lapangan
Lapangan
|
Jumlah
|
Ukuran
|
Kondisi
|
|
Volly
ball
|
1
|
|||
Takraw
|
1
|
|||
Futsal/Basket
|
1
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar